memilih Jasa Kontraktor

memilih Jasa Kontraktor, Jangan Salah Pilih, Info Apa saja yang ditanyakan

Tips memilih jasa kontraktor menjadi lebih diperlukan dari hari ke hari, proyek besar maupun kecil, bangun baru maupun jasa renovasi rumah Malang, untuk membuat proyek Anda menjadi realita.

Keinginan semua pemilik proyek adalah bangunan mereka, rumah, ruko, dll bisa terbangun dengan baik tanpa banyak kendala, dengan bujet paling efisien dan waktu yang paling cepat.

Membangun maupun renovasi rumah menggunakan kontraktor yang tepat. Berikut ini adalah kurang lebih info penting yang Anda perlukan untuk tanyakan kepada calon mitra kontraktor Anda, terutama bila Anda belum pernah menggunakan jasa pemborong sebelumnya.

Kontraktor atau pemborong pada dasarnya adalah sama, yaitu orang yang membangun atau renovasi bangunan dalam satu proyek.

Tanpa mengerti informasi yang benar, ada beberapa masalah yang mungkin terjadi di proyek Anda, namun bisa Anda hindari bila Anda mengerti info yang penting ini.

MASALAH YANG MUNGKIN TERJADI UNTUK DIHINDARI SAAT MEMPEKERJAKAN KONTRAKTOR

Info berikut ini bisa Anda dapatkan dari hasil ngobrol dengan si kontraktor, bertemu dan mulai dapatkan infonya. Idealnya diskusi dengan kontraktor ini dilakukan secara gratis, ini sangat penting untuk juga menilai karakter kontraktor, apakah komunikasinya bagus.

Sangat penting untuk nyaman dengan kontraktor tersebut di pertemuan pertama ini.

Tanpa Pengalaman, Portfolio

Anda mau memastikan kontraktor yang Anda akan beli jasanya untuk telah punya pengalaman sebelumnya. Pengalaman & bukti telah bisa membangun banyak hal adalah hal penting untuk kontraktor.

Baca Juga  Tips Anti Panas untuk Villa dan Rumah di Kota Malang Batu untuk luas tanah 100m2

Bila mungkin, ada referensi atau testimonials lain dari klien sebelumnya, atau bisa survey cek lokasi langsung ke hasil pekerjaan sebelumnya yang pernah dikerjakan kontraktor tersebut.

Tanpa pengalaman ini bisa jadi Anda tidak punya skill yang mumpuni atau skill yang cukup, karena skill yang penting diperlukan untuk seorang kontraktor adalah:

  • Mengerti teknis pembangunan
  • Bisa handle orang
  • Bisa menghitung harga bahan & waktu proyek secara umum

Bujet Tidak Efisien, Waktu Terbuang

Sudah bangunannya mahal, waktunya terbuang banyak, itu benar- benar hal yang ingin dihindari pemilik proyek karena salah memilih pemborong.

Anda tidak mau mempekerjakan kontraktor yang salah berhitung, misalnya hanya mengejar murahnya saja, namun ternyata perhitungannya salah dan tidak masuk.

Sering kali masalah ini bisa jadi terjadi over bujet, dan waktu pengerjaan mundur dari yang seharusnya.

Ditinggal Kontraktor

Banyak sekali terjadi kasus kontraktor / pemborong yang lari meninggalkan proyek, akhirnya mangkrak dan harus diteruskan dengan kontraktor lainnya.

Hal yang membuat ini terjadi bisa jadi adalah karena perhitungan si kontraktor tidak tepat, terlalu murah, dan kemudian Anda tidak mau memberikan bujet tambahan, akhirnya dia tidak meneruskan proyeknya.

Atau karena memang si kontraktor sudah bukan orang dengan karakter yang tepat untuk dipekerjakan sejak awal, dan bisa jadi dia memberikan harga terlalu murah tidak wajar hanya untuk mengambil uang Anda.

Hasil Pekerjaan Jelek

Yang lainnya tidak kalah penting adalah masalah hasil kerja yang jelek, atau tidak sesuai harapan Anda. Bisa jadi komunikasi kontraktor ini jelek, atau dia tidak melihat catatan pesanan seperti yang seharusnya dia kerjakan, atau tidak melakukan konfirmasi kepada Anda.

Hasil pekerjaan jelek ini intinya akan merugikan Anda sebagai pemilik proyek. Jadi ini bisa dipastikan menjadi hal yang Anda perlu pikirkan.

Baca Juga  10 Toko Bangunan Terpercaya dan Berkualitas Kota Malang

INFO PENTING SEBELUM MENGGUNAKAN JASA KONTRAKTOR

memilih Jasa Kontraktor

Jadi apa saja info yang diperlukan untuk Anda bisa menggunakan jasa kontraktor supaya proyek Anda sukses dan tidak perlu mendapatkan berbagai masalah yang tadi dibahas?

Berikut ini detailnya.

Portfolio/ pengalaman

Portfolio dan pengalaman ini idealnya menjadi hal yang utama untuk Anda tanyakan ke si kontraktor. Contoh:

  • Apakah pernah membangun yang serupa
  • Dimana saja
  • Kapan proyeknya dikerjakan, dan berapa lama

Mungkin Anda akan familiar dengan hasil bangunan dari pemborong ini, itu akan membuat rasa kepercayaan lebih tinggi untuk kita bisa mempekerjakan kontraktor untuk proyek ini.

Survey lokasi

Setelah diskusi awal, Anda merasa lebih percaya dengan kontraktor ini, maka waktunya untuk langsung cek atau survey lokasi langsung di lapangan. Idealnya Anda sebagai pemilik proyek ikut melihat langsung & menunjukkan apa yang Anda ingin kerjakan di tempat.

Kontraktor yang baik akan secara tanggap mengerti maksud Anda, bisa jadi dia akan mencatat, atau bisa mengulangi yang Anda inginkan.

Di sini skill si kontraktor di lapangan sering kali langsung akan terlihat. Apakah dia tanggap, bagaimana kreativitasnya, bagaimana rekomendasi bahan & desain yang ideal, dan bagaimana masukan dia tentang proyek Anda.

Semakin masuk akal masukannya, semakin menjadi nilai plus untuk Anda. Kontraktor idealnya adalah seorang multi ilmu, yang merupakan seorang tenaga ahli yang idealnya lebih ahli detail konstruksi ketimbang kebanyakan orang awam.

Analisa estimasi bujet & waktu, sketsa

Jangan mengambil penawaran satu kontraktor hanya karena murah, harga sewajarnya adalah ideal. Estimasi waktu dan biaya harus masuk akal.

Misalnya untuk membangun rumah 2 lt diperlukan waktu setidaknya 4 – 5 bulan untuk menunggu cor kering dll, jadi hindari penawaran yang bilang pembangunan bisa dilakukan dalam waktu 2 bulan saja.

Baca Juga  Investasi Villa Untuk Disewakan

Kemudian sketsa berdasarkan ukuran yang fix, untuk supaya lebih jelas dalam melakukan perencanaan, diskusi lanjutan, dan secara jelas membuat denah & tujuan bangunan yang diinginkan.

RAB idealnya diberikan beberapa opsi untuk yang spec murah sampai spec yang lebih baik. Kemudian bisa terjadi diskusi lagi.

Draft kontrak kerja

Untuk menghindari konflik di masa depan, idealnya membuat kontrak kerja untuk proyek tersebut, supaya kedua pihak bisa menjalankan hak dan kewajiban dengan baik.

Anda bisa tanyakan, sering kali apa yang dibuat di kontrak kerja proyek tersebut kepada si kontraktor.

Idealnya isi kontrak kerjanya meliputi beberapa hal seperti:

  • Durasi proyek berapa lama
  • Menggunakan RAB apa
  • Termin pembayaran gimana
  • Bila ada permintaan pergantian atau penambahan bahan dalam proyek waktu jalan bagaimana
  • Bila ada keterlambatan pengerjaan proyek oleh kontraktor bagaimana

Semuanya perlu hitam di atas putih, dan kemudian baru dilakukan pengerjaan.

Semakin Anda percaya dengan si kontraktor, mungkin ke depannya ini menjadi tidak terlalu penting, namun bila Anda masih awal, dan belum mengenal si kontraktor, maka ini menjadi hal penting untuk Anda ketahui.

KESIMPULAN

Masalah yang timbul berpotensi terjadi saat salah pilih kontraktor bisa Anda hindari bila Anda melakukan Langkah di atas seperti yang telah dijabarkan tadi.

Kami doakan proyek Anda sukses lancar jaya, dan bisa mengembangkan terus ke proyek selanjutnya, karena tips cara memilih kontraktor yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top